MENGATASI KERUSAKAN PRINTER CANON PIXMA MG 2570

Gambar

        Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi pun berkembang maju sangat pesat. Seperti hal yang akan saya bahas berikut ini, sebuah alat cetak dokumen yang dibilang sangat canggih yaitu printer. Kali ini saya mau membahas printer keluaran Canon terbaru yaitu PIXMA MG2570, dengan desain dinamis dan bodi yang ramping printer ini sangat disukai oleh banyak orang karena mempunyai tiga kemampuan yang canggih yaitu print, scan, dan Copy.

     Tetapi tunggu dulu, tidak ada orang yang sempurna apalagi barang buatan manisia satu ini, walaupun dibilang banyak orang barang ini sangat canggih tapi tetap mempunyai kekurangan, belum lama ini saya menemukan kerusakan yang dibilang rumit. Mengingat printer keluaran canon sebelumnya, seperti Tipe Mp misalnya pada printer MP masih terdapat pembuangan tinta, dan dilengkapi popa yang berfusi saat printer melakukan Cleaning. Tapi pada tipe MG tidak terdapat pompa, dan tempet pembersihanya sangat simpel sekali. coba lihat gambar dibawah ini.

GambarGambar

Coba lihat gambar diatas, terdapat dua gambar kedua pembuangan atau pembersihan tinta yang ada didalam printer MG 2570. sangat sederhana bukan, nah ini permasalahanya bayangkan kalau printer ini dipasang infus, tidak ada pembuangan tentu lama kelamaan printer ini akan dipenuhi tinta hasil pembersihan cartridge, coba lihat gambar dibawah :

  Gambar

Coba lihat gambar diatas ! lihat genangan tinta yang di lingkari tersebut, inilah awal yang membuat printer ini terdapat masalah yang serius, karena dibagian tersebut terdapat sensor F yang apabila sensor tersebut sampai terkena kotoran apalagi sampai terkena tinta akibatnya printer eror 6000, inilah gambar sensor F yang sudah terkena tinta pada gambar diatas :

Gambar lihat gambar disamping, inilah sensor yang dimaksud tadi, kalau sampai terjadi seperti ini kemungkinan besar sensor harus diganti, juga berikut konektornya.

Beikut gambar konektornya :

Gambar

Konektor Sensor F

Untuk konektor, kalau belum kongsleting cukup dibersihkan dengan tiner kemudian dijemur hingga benar-benar kering kemungkinan bisa diperbaki, tetapi kalau sensor saya sudah coba membersihkanya belum berhasil dan saya fonis untuk menggantinya.

Dengan sedikit ulasan diatas dapat, sedikit gambar untuk mengatasi permasalahan tersebut. berikut ini langkah-langkah untuk mengatasinya

Gambar GambarGambarGambar

langkah pertama bongkar printer, lepas semua isi didalamnya.

Kemudian beriskan dengan air bagian yang banyak tinta sampai benar-benar bersih, setelah itu jemur sampai benar-benar kering baru kemudian pasang lagi seperti semula dengan sudah mengganti sensor dan konektor yang sudah diberihkan tadi. Setelah sudah terpasang dan benar-benar yakin memasang semua perangkatnya, tes priter tersebut.

Gambarjreeeennnggggggg . ..  .. .

printer anda sudah normal kembali dan sudah bisa digunakan lagi seperti semula.

Sampai disini sedikit pengalaman dari saya, semoga membantu anda mengatasi kerusakan yang mungkin saja sama dengan kerusakan yang printer saya alami. GOOD LOCK🙂

145 responses to “MENGATASI KERUSAKAN PRINTER CANON PIXMA MG 2570

  1. pagi,saya punya kendala printer mg 2570 tiba2 mati sendiri ,cek kbl ac dan usb udah di ukur normal,tlng master minta solusi nya,mksh algi

  2. Siang Mr. printer MG2570 saya eror 6000.,untuk membersihkan konektor sama sensor tiner yang digunakan itu tiner jenis apa ? kalau pakai tiner cat,/bensin, gimana ? terimakasih Mr.

    • pake apapun bisa asal pelan2 membersihkannya jangan sampai sensornya rusak…. tidak apa2 pakai bensin bagus juga yang penting dapat melarutkan tinta yang menempel di konektor sensor tersebut.

  3. gw pkai canon mp287 infus sdh 2 thn lbh lancar. baru skrng katrid hitam agak eror, print kualitas plainpaper bergaris tp print yg lain spt high quality paper, glosy paper dll bgus. gw sdh 2 thn lbh juga baru pernah head cleaning. pdhl sdh ngeprint ribuan lembar text hitam dan warna, ratusan gambar, ratusan lembar foto. tinta gk pernah mampet atau mblobor. pdhl gw pkai tinta hp ternyata di canon bsa.

  4. misi gan
    kenapa ya kok infus warnanya tidak mau mengalir setelah tinta ori di catridge habis, padahal yang hitam bisa tu gan
    mohon solusinya

  5. saya nyoba servis printer mg2570 setelah tk pakai selama seminggu catridnya udah rusak emg ketahanan catrid untuk printer mg2570 itu lemah th soalnya udah tak bersihkan dengan cara apapun.

  6. malam mas…mau tanya ni printer mg2570 ane baru ganti catride malah erorr 5B00…catridenya koq mudah rusak to printer ini….mohon jawabannya mass…trims

  7. maaf suhu, mau tanya, kalo c0de 5100 gimana solusinya? pake infus, catridge sudah d bersihin, tapi ndak bisa, di bagian dalemnya kanan kiri udah banjir, apakah harus bongkar? trus carai bikin absorber di MG 2570 gimana caranya? mohon pencerahan…

  8. saya punya print mg 2570 lampu alrm sama lampu tinta hitam dan berwarna menyala, terus ketriknya tidak dikanali oleh perangkat…. gimana tuh solusinya mas

  9. Saya Mau Tanya Master,, Printer MG2570 Saya Copy nya hanya bisa sebatas ukuran Quarto, Gimana Caranya biar bisa copy dengan ukuran A4 ? Saya bingung ketika mau copy dokumen ukuran A4, Printernya hanya bisa ngebaca sebatas ukuran Quarto. saya baru pakai Printer Canon MG2570. Mohon Pencerahannya…

  10. Agan, untuk hasil cetak foto printer MG 2570 ko hasilnya luntur, kenapa y. terutama untuk yg warna hitam di kertas film foto y luntur tp untuk kertas biasa ga luntur warnanya………

  11. Klo Canon MG2570 ngeprintnya setengah hlman gak kluar tintax cuman bgian awal halaman sj yg trcetak..gmn?? Pdhl sdh lkukan cleaning. Thx

  12. Memang, printer Canon yg 1 ini (MG2570) bener bener ribet. Gimana neh, ane pnya prblm error 5B00. Tp gda yg bsa ksh solusi neh. dr reset manual smp pke ServicTool nya. gimana neh, x j ada pencerahan wat nyehatin kmbli ane pny printer

  13. Bagus sx info П̥̥ÿ̲̣̣̣̥ǎ̜̣̍ mas..emmm tp yg aku alami skrng adalah lampu ink dn powernya berkedip terus,printer jd err dn gk bisa terdetek,kira2 apa ia masalh’y?trksh salam

  14. SMA ane baru beli 10 hr beli printer MG2570, ketika di inject tanpa infus 3X ga ada mslh, stlh 4X nya mulai hasil nya berzebra, ane bingung, pdhl biasanya d cleaning n deep cleaning bs terus jadi, ini knp ga jadi, solusi nya gmn ya gan??

  15. Pak, cartridge warna dan hitam sering banjir sehingga tidak bisa bagus hasilnya. Printer ku Canon Pixma MG 2270 Pak. Sudah kulakukan dengan melepas Cartridge dan mengisap tinta yang lebih di absorbernya dengan tissue kertas, dimasukkan kembali tetapi tetap banjir juga. Mohon bantuannya bagaimana cara mengatasinya.

  16. prmisi Mr.
    katrigh nya udah bolakbalik di bersihin dg berbagai petunjuknya.
    tapi hasil cetakan masih juga lompat2 tintang.
    gimana tuh Mr ??

  17. cara scan menggunakan printer mg 2570 tuh gimana?
    kok keluar tulisan “Cannot communicate with scanner Cable may be disconet
    scanner driver will be clossed
    error code : 5,155,55”
    gimana tuh gan solusinya?? makasih..

  18. misi, printer s pixma2870 bling 3x cara reset manualx gmn gen. printer ini nnti s pkekan impus bru bgtu sblumx blm. gmn gen. mohon bantuannya???

  19. gan mau nananya nih.. printer ane kan baru 1 blnan trus tinta hitam nya abis karena sering di pky ftocopy dokument trus..udah ane isi…ga sengaja bagian bawah nya kepegang… trus ane coba mau tuh… dan ga lama kemudian printer nya macet laser copy.a .nya ga mau jalan… kenapa ya gann?

  20. gan, mohon bantuanya, printer saya MG2570, kalo buat ngeprint nda bisa, kode error nya 1700 , udah tak coba reset manual nda bisa

  21. maaf gan numpang tanya,apakah di MG2570 ini gak ada cara untuk membuat sistem pembuangan ya?
    and trus itu printer biasanya kalo dipasang infus btuh waktu berapa lama bakalan penuh?
    tlong gan ane pemula soalnya…

    • printer mg2570 tidak akan pernah bisa dipasang pembuangan karena tidak ada pompanya gan didalam untuk menyedot tintanya, tergantung pemakaian gan sering2 cek saja kalau sudah kotor segera dibersihkan saja

  22. as.gan mf mau tanya q punya printer MG2570 habis ta bersihkan pembuangan tintanya ko ta coba lagi trus mati g nyala sm sekali gmn mohon solusinya trimakasih

  23. mas saya punya masalah di printer saya, kenapa tinta hitamnya bocor dan masuk ke katrij semua,, terus tiba-tiba si katrij ga berpungsi sama sekali ,,, itu maslhnya apa ya mas,, mhon bantuannya..

  24. wah keren gan, hem terus terang aku gak punya printernya tapi kebetulan temanku punya masalah yang sama error 6000, makasih ya ini bisa menambah wawasan saya. mudah mudahan agan ilmunya tambah buannyyakk, oh iya ngomong2 kalo sensornya di ganti pakai canon pixma ip 1700 bisa gak ya?

  25. assalm. kak print mg2750q stelah di bersihkan powernya msih bisa,, bebrapa hri kmuan sdh tdk mnyala.,. kira2 apa penyebab dan solusinya,. ???? mksh

  26. kak, kalau cara mengisi ulang tintanya pake ketrik gmana ?? di bagian mana yg hrus di lubangi ??? membingungkan bgt neh brang satu,….
    tolong infonya…

  27. Mas Saya Juga Punya Permasalahan Dengan Printer Canon MG2570 saya Minta Pin bb-nya atau No Hp-nya biar lebih Fleksibel :

    No Hp ane : 089667243082

  28. Malam Gan, sebelumnya printer saya bisa untuk scan. Tetepi sekarang kalau untuk scan sdh gak bisa lagi, selalu muncul windows exsplorer stoping. Gimana solusinya Gan. Terimakasih.

  29. saya punya printer MG 2570 tanpa infus baru 2 minggu dibeli, koq diisi tinta hitam kembali awalnya bagus e seterusya koq malah eror e,,,boleh tanya itu masalahnya dimana ya..?

  30. gan sy coba bongkar ada pir yg lupa sy posisinya 1. d pembuabgab tinta kiri 2. di belaKANG utk penarik kertas yg 1 lg sy lupa bisa dmn posisi yg lain

  31. Bang printer saya ga bisa ngeprint ada bacaan ink has run out. Itu kenapa ya? Tipe printer saya pixma ip2870

  32. Numpang sharing..agan2 pasti jengkel klo sdg ngerjain tgs tiba2 printer canonx bermslh..sy pun dulu gitu..alhamdulillah skrg sdh gak..trikx brbkal pengalaman canon ip2770 sjk kuliyah..stlh srg kali jengkel q bongkar & prhtkan..trnyata pabrikan canon emg g cocok diinfus(banyak mslhx gan:ctrid srg buntu dll)saran sy klo mau awet ttp gunakan sistm suntik dgn menggunakan jarum spuit 1cc(spuit tuberculin)agan g perlu ngelubangi lg…slma ini kt disesatkan dgn cr yg salah melubangi ctrid dgn uk.jarum yg bsr hanya membuat aspirasi udara pd catrid krna basic sy org kesehtn kami mengenal dgn istilah trombush emboli..trnyata itu pun brlaku pd ctrid..klo hslx printx jelek cb lakukn pembersihan mèndlm pd menu.smga brmanfaat

  33. mantap gan…… jos gandos artikelnya. tapi buat ane klo dah di baikin jg nda bisa saya pake LEM BIRU aza…. alias Lempar Beli Baru hehehehe.

  34. brow klw ane punya MG2570 diminta reset tpi pada saat reset hanya lampu alrm nyala dan tdk brkedip dan tdk bisa masuk save mode mau matiin tdk bisa jga harus cabut kabel arusnya. solusinya gimana

  35. bang printer saya baru 3 minggu dibeli, udah dua kali isi tinta, tapi tetap saja tinta hitamnya tidak terbaca, kalau ngeprint atau di cleaning tetap tidak terbaca.

  36. Agan pake tinta apa ya untuk mg2570?, saya pake b###print masa baru 2rim udah clogged n musti ganti kartridge lagi…. Sya alami 2x, jadi mau nyari tinta yg cocok n tahan lama buat kartridge nya, trimakasih

  37. mau tnya mas printer saya mg 2570 saya dpet code 5b00 trus lampu power sama resetnya ganti gantian nyala itu knpa mas ya

    • aduh gan mg emang keluhananya brgitu printer sering trobel, dan masalahnya sedikit rumit, agan bawa saja atau tanya saja ke teknisi terdekat karena kerusakananya fareatif

    • coba di rendam dengan air panas bagian hed ketritnya, selama sekitar satu jam dan bersihkan keringkan kembali coba agan pasang dan tes… kalau masih sama hasilnya ketrit agan mesti ganti

  38. kalo pembuangan tinta printer canon mg 2570 yang ada disebelah kanan ,saya bersihkan semuanya dengan air sampai sensor yang seperti mika itu juga terkena air. apa resikonnya gan?

Tinggalkan Balasan

