Mengatasi error B200 pada canon IP2700 dan MP258

Trimakasih telah berkunjung ke Blog Saya, Sebagai bentuk apresiasi saya kepada teman blogger semua kalai ini saya akan Sharing

sedikit pengalaman saya mengenai error B200 pada canon IP2700 dan MP258, langsung saja error agak sedikit menguras tenaga dan pikiran pada awalnya karena sedikitnya literatur yang saya temui, sekalipun sudah kesana kemari mencari alamat bersama Om google dan Ayu ting-ting, heee, sekalipun pusing dengan error B200 tetapi saya sedikit lega hari ini karena Ip2700 yang saya service kali ini milik sebuah kantor Pemerintah di Daerah saya telah lulus uji coba selama hampir 2bln dalam kasus yg sama yaitu B200.

B200 disebabkan Oleh kelebihan panas (Abnormal Voltage) pada head printer dimana Printer head bekerja dalam keadaan tinta habis hingga mencapai suhu puncak melebihi batas toleransi canon.

Nah.. nih dia yang penting, Solusinya gimana nih?

Sebelumnya sediakan Power Suply dan Boar logic tentunya yang masih bagus/berfungsi (bisa dipinjem dulu dulu punya temen). Langkah-2nya;

Matikan Printer, cabut semua kabel power dan kabel USB yag terhubung ke printer (minimal 1 jam baru dinyalakan lagi) coba test print bila masih muncul error B200 lanjut ke langkah kedua.

Bersihkan Pin kontak pada carriage unit yang terhubung dengan Catridge cek juga kabel2 fleksi yg terhubung dengan carriage unit kemungkinan ada yg longgar .

Ganti power supply. coba test print (beberapa kasus error B200 bisa teratasi dengan mengganti power supply saja, tapi sayangnya ga bisa bertahan hingga sebulan, printer balik error B200 lagi).

nah bagi teman-2 yang yg sudah mencoba mengganti Power Supply tapi printer kembali error B200 bisa coba Tips berikut;

Cabut semua kabel Power dan kabel USB yg terhubung ke priner,

Ganti Power Supply kemudian**

Diam kan Printer hingga 3-4 jam

Nyalakan printer ganti Catridge yang mengalami Over Volatage dengan catridge lain yang masih bagus ** .

Printer siap digunakan

Catatan;

** Mengganti Power Supply hanya sebagai pancingan saja (Power Supply yang lama masih bisa digunakan). terserah sobat mau pasang PSU yang lama kapan yang penting sebelum pasang biarkan printer dalam keadaan mati sekitar 10-15 menit sebelum dipasang.

** Demikian juga dengan Catridge mengalami Over Voltage, dari beberapa kasus Catridge tersebut masih bisa digunakan.

Bila diantara sobat semua sudah mencoba melakukan kedua cara diatas dan Error B200 masih tetap muncul Cara terakhir dari saya;

Dalam keadaan semua kabel yg terhubung ke printer di copot, jangan nyalakan printer hingga 6-7 hari kemudian ulangi lagi langkah-2 diatas (Langsung ke cara-2), bila belum berhasil kemungkinan kerusakan ada pada Board Logic atau carriage unit, di cobadeh satu persatu.

Beberapa kasus yang saya tangani komponen yang lama tetap saya gunakan alias tidak ada satupun yang saya ganti, Alhamdulillah ga ada yang balik ke error B200.

Terimakasih semoga bermanfaat. Mohon Pencerahan bila ada kesalahan…

http://yenzip.blogspot.com/2012/02/mengatasi-error-b200-pada-canon-ip2700.html

2 responses to “Mengatasi error B200 pada canon IP2700 dan MP258

  1. Eror B200 atau P10, kerusakan terjadi pada mainboard. vitalnya support tegangan yang masuk di IC mainboard tidak stabil. Seumpama diganti power supply atau catrid kalau bisa pun tidak lama, paling belum ada 2 hari eror lagi. Kerusakan ini kadang kala juga bisa direset pakai software, tapi juga ndak semua kerusakan B200 bisa direset. Kerusakan B200 terjadi karena overhead dari katrid warna yang dibiarkan kosong, karena panas yang melebihi batas toleransi, akhirnya tegangan yang masuk ke mainboard tidak stabil. Tapi dengan hanya mengganti spare part aja sudah bisa teratasi….
    Jika printer ip2770 jenis komponen yang diganti cuman 2 biji.
    Namun jika printernya mp258 jenis komponen yang harus diganti jumlahnya 3 biji.
    Spare part pengganti harus yang original. Cara seperti ini sudah saya lakukan berulang kali dan alhasil semua kerusakan B200 yang terjadi pada ip2770 dan mp258 teratasi.

    kunjungi : masterprinter80.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s